Sabtu, 29 Oktober 2011

KOMPARASI EFEKTIFITAS ELEMEN PEMANAS BERBENTUK SPIRAL DAN PERSEGI PLANAR UNTUK INKUBATOR BAYI

Keefektifan elemen pemanas untuk inkubator bayi dalam bentuk spiral dan persegi planar telah dibandingkan. Perbandingan keduanya dilakukan untuk mengetahui model pemanas mana yang lebih efektif menghantarkan energi panas secara merata ke dalam inkubator tanpa menggunakan energi listrik. Elemen pemanas dari pipa tembaga didesain berbentuk spiral dan persegi planar kemudian dialiri air yang dipanaskan dan diteruskan ke ruangan inkubator.
Parameter yang diukur meliputi suhu di beberapa titik ruangan inkubator setelah dialiri energi panas selang waktu 2 menit menggunakan termometer digital. Hasil penelitian menunjukkan bentuk spiral dapat mengalirkan panas ke ruangan inkubator dengan suhu maksimal mencapai 31,30C. Bentuk persegi planar suhu maksimalnya mencapai 34,30C sehingga lebih efektif sebagai elemen pemanas untuk inkubator bayi karena memenuhi standar kisaran suhu inkubator umum yaitu 34-360C.
Kata kunci : inkubator, elemen pemanas, suhu.
klik disini untuk mendownload jurnal skripsi fisika medis "KOMPARASI EFEKTIFITAS ELEMEN PEMANAS BERBENTUK SPIRAL DAN PERSEGI PLANAR UNTUK INKUBATOR BAYI". lalu pilih berkas --> unggah file

0 komentar:

Posting Komentar

Comment