Rabu, 12 Oktober 2011

usulan pkmp


Stroberi (Fragaria chiloensis) merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dan harga jual relatif stabil.  Permintaan stroberi pada pasar nasional terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan industri pangan sedangkan produksi stroberi nasional masih sangat sedikit [1]. Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas stroberi adalah penerapan sistem pertanian modern terutama di daerah sentra produksi yang potensial [2].


Lokasi perkebunan stroberi di Serang Kab. Purbalingga sebagai salah satu sentra produksi stroberi akan dijadikan obyek penelitian mengingat daerah tersebut dicanangkan sebagai kawasan agrowisata khususnya komoditas stroberi [3]. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengoptimalkan produktivitas stroberi pada berbagai kondisi iklim regional. Salah satu faktor penting adalah pengetahuan mengenai distribusi siklus air permukaan  (evapotranspirasi).

Evapotranspirasi merupakan proses fisika yang menggambarkan proses  transfer air dari permukaan bumi ke atmosfir.  Evapotranspirasi merupakan proses gabungan antara evaporasi air dari permukaan tanah dan transpirasi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan [4,5]. Perhitungan evapotranspirasi dapat dilakukan dengan beberapa metode, seperti Metode Blanney-criddle dan Metode Penman [6]. Metode Penman dinilai efektif karena metode tersebut merupakan penggabungan antara metode aerodinamik dan metode keseimbangan energi [7,8]. Selain itu, Metode Penman sangat peka terhadap perubahan iklim regional [9,10].

Perhitungan evapotranspirasi spasial dengan Metode Penman dapat  dilakukan dengan menggunakan data-data pengamatan langsung di lapangan seperti suhu, kelembaban, kecepatan angin dan radiasi matahari. Oleh karena itu, peralatan seperti higrometer, anemometer, campbell stokes sangat dibutuhkan untuk mendapatkan data-data dari setiap parameter yang diukur. Selain itu, dibutuhkan pula Global Positioning Sistem (GPS) untuk menentukan posisi pengamatan di permukaan bumi  [11].

Berdasarkan uraian di atas maka penelitian ini akan difokuskan pada estimasi distribusi air permukaan dengan Metode Penman. Keberhasilan penelitian yang akan dilaksanakan diharapkan berkontribusi secara tidak langsung terhadap peningkatan produktivitas stroberi khususnya di lokasi perkebunan stroberi Serang  Kab. Purbalingga Jawa Tengah.


klik disini untuk mendownload contoh usulan pkmp Estimasi Siklus Air Permukaan di Sekitar Perkebunan Stroberi Kabupaten Purbalingga dengan Metode Penman...klik berkas --> unduh file

0 komentar:

Posting Komentar

Comment